Jurnalis Muda fokus Mengelola Media Geser.Com

oleh -71 views
  1. Pemimpin Umum, Efriadi Situmorang (Sebelah kiri). Redaktur, Desmon Nainggolan, SM(Sebelah Kanan)

Media Geser– Perkembang media online di Indonesia Khususnya di Riau merupakan keniscayaan yang patut mendapatkan perhatian, sementara regulasi yang berlaku di lingkungan pers mengharuskan media online harus memenuhi persyaratan di dalam melakukan pemberitaan. Media online ini pun sudah berkembang cukup pesat, sejalan dengan perkembangan internet dan penggunaan Android maupun smartphone yang semakin marak.

Maka itu, sejumlah Jurnalis muda datang dan terpanggil hatinya bergabung di Media online yaitu Media Geser ( Gerakan Central Riau) untuk fokus Mengelola Media Geser.com agar berkembang pesat di wilayah Riau dan sekitarnya. Informasiyang disajikan di antaranya konten peristiwa, pariwisata, pendidikan, kesehatan, konten ringan yang akan menghibur orang, artikel peristiwa tentang kejadian terkini di masyarakat, atau isu-isu sosial yang selalu penting untuk dibahas. sesuai dengan motto nya, ” Mengupas fakta Lebih Berani”

Di sisi lain yang tidak kalah penting adalah para jurnalis senior yang pada awalnya merupakan jurnalis media cetak mulai fokus mengelola media secara mandiri dan dalam perkembangannya diikuti oleh para jurnalis muda. Namun demikian, jumlah pasti media online di Riau belum dapat diketahui secara pasti jumlahnya, sementara mereka sudah beroperasi layaknya media online. Fakta seperti ini kenapa bisa terjadi, karena perkembangan teknologi dan perubahan perilaku masyarakat akibat perkembangan teknologi itu sendiri.

Umumnya media online di Riau masih dalam tahap membenahi persyaratan di maksud, sehingga perlu dilakukan pembinaan dengan cara memberikan kesempatan kerjasama pemberitaan. Ini merupakan langkah kecil untuk menjadi besar kedepannya.

Media cetak tetap akan eksis dalam kancah media pemberitaan, baik tingkat nasional maupun lokal, karena masih memiliki nilai kepercayaan yang tinggi di masyarakat dan media cetak masih tetap ada peminatnya. Namun tidak dipungkiri bahwa, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berdampak terhadap penggunaan internet, yang secara bersamaan diikuti dengan penggunaan android maupun smartphone dengan berbagai fitur yang semakin menarik, pilihan merk/varian yang semakin banyak serta harganya yang semakin murah.

Penggunaan smartphone memberikan pengaruh terhadap perilaku masyarakat dalam mengakses berita, yaitu cenderung membaca berita media online, karena beritanya lebih update dan banyak dari media online tidak memberlakukan biaya berlangganan, karena fokus mendapatkan pemasukan dari iklan produk ataupun sponsorship individual.

Frekuensi penerbitan berita media cetak ada batasan waktu, ada harian pagi dan harian sore. Sementara media online tidak mengenal frekuensi waktu penerbitan, setiap saat dilakukan update pemberitaan terutama hot news yang diberitakan media televisi. Produksi berita media online bisa dilakukan on the spot hanya menggunakan android  dan smartphone.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.