Junaidi Auly: Perkuat Koordinasi, Kolabrasi dan Sinergi Dukung Pengendalian Harga Pangan

oleh -298 views

LAMPUNG,(Media Geser) – Sejak awal tahun 2022, tekanan terhadap inflasi global meningkat akibat krisis pangan yang dipicu oleh perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Indonesia juga turut terdampak oleh dinamika kenaikan harga bahan pangan dan energi global yang tengah terjadi, tercermin dari peningkatan harga minyak goreng, bahan bakar bersubsidi, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan udara, serta beberapa komoditas pangan yang bergantung kepada import content.

Angota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr Ir H A Junaidi Auly, MM mengatakan dalam kegiatan opening ceremony Lampung Begawi 2022 bahwa, di tengah adanya berbagai tekanan tersebut, Provinsi Lampung tercatat mampu menjaga laju inflasi dengan baik, dengan capaian inflasi tahun kalender terendah di Sumatera.

“Namun demikian, kenaikan harga komoditas-komoditas hortikultura seperti aneka cabai dan bawang merah menyebabkan laju inflasi Lampung meningkat dengan cukup kuat pada Juni dan Juli 2022,” kata Dia Bandar Lampung, Sabtu (19/8/2022).

Junaidi Auly menambahkan ke depannya kita perlu perkuat koordinasi, kolaborasi, dan sinergi untuk mendukung pengendalian harga bahan pangan, selaras dengan program Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP & TPID).

“Hal ini merupakan bentuk komitmen kita semua dalam menjaga terkendalinya laju inflasi. Sebagai bentuk dukungan kita terhadap Gernas PIP, saya mendukung pelaksanaan operasi pasar yang dilakukan secara rutin dan mengoptimalkan peran petani untuk meningkatkan kesejahteraan riil masyarakat, baik konsumen maupun produsen. Selain itu, penguatan KAD baik antar provinsi maupun antar kabupaten/kota juga perlu didorong untuk menakan disparitas harga terutama komoditi pangan strategis,” kata legislator asal lampung ini.

“Oleh karena itu, saya turut mendukung dan mengajak seluruh stakeholder terkait dan juga masyarakat untuk bersinergi dan berkolaborasi mengendalikan inflasi pangan yang ditandai dengan kick off program Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP) pada Lampung Begawi 2022,” tutup Junaidi.

(PR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.