Pemkab Inhu Gesa Cetak KIA

oleh -20 views

INHU, (Media Geser) – Pemkab Inhu, Riau terus memberikan pelayanan terbaik terhadap anak. Kali ini Pemkab Inhu menggesa percepatan pencetakan dokumen anak dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA).

Dimana, nantinya kartu tersebut sebagai dokumen resmi bukti diri anak berusia kurang dari 17 tahun.

Untuk percepatan pelaksanaan cetak KIA, Pemkab Inhu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Riau dan Kepri.

Sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama dengan PT PLN, dilanjutkan sosialisasi percepatan penerbitan akta kelahiran pada Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (PTJSL-CSR) PT PLN UP3 Rengat.

“Selain dilakukan kerja sama dengan pihak PT PLN, juga dilakukan perjanjian kerjasama dengan salah satu pelaku usaha yakni Water Boom Alif Adam,” kata Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE kepada wartawan selesai acara louncing KIA dikantor Bupati Inhu, Kamis 12 Agustus 2021.

Rezita menuturkan, bahwa data kependudukan berupa KIA ini bermanfaat di tempat pelayanan umum dan fasilitas lainnya.

Data kependudukan ini juga sebagai tolak ukur dalam perencanaan pembangunan.

Selain menggesa percepatan penerbitan KIA, pada tahun 2021 ini pihaknya telah mencetak 900 KTP elektronik.

“Saya minta kepada Disdukcapil agar segera menyerahkan kepada masing-masing camat. Kemudian kepada para camat yang hadir saat ini agar segera menyerahkan kepada pemiliknya. Jangan sampai hal ini dimanfaatkan oleh pihak lain,” pesan Rezita.

Dalam dari pada itu, Manager PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rengat, Beny Indra Praja mengatakan, pihaknya mendukung penuh percepatan cetak KIA.

“Sosialisasi ini sangat diperlukan untuk mengetahui pentingnya memiliki KIA,” kata dia.

Untuk itu, pihaknya siap mendukung terwujudnya dan mempertahankan kabupaten ramah anak.

“Ini merupakan tanggungjawab bersama hingga dapat mewujudkan kabupaten ramah anak,” tegasnya.

Sementara itu, pemilik Water Boom Alif Adam Belilas, Mardi alias Jangkorek mengucapkan terimakasih yang telah dipercaya oleh Pemkab Inhu sebagai salah satu pelaku usaha untuk penerapan pemanfaatan KIA.

“Makanya bagi anak-anak yang memiliki KIA akan mendapatkan diskon khusus,” sebutnya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.