Puncak HBA ke-63, Kejari Inhu Gelar Upacara Bendera

oleh -120 views

INHU,(Media Geser) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Inhu, Riau menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023 dihalaman kantor Kejari Inhu di Jalan Lintas Timur Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Sabtu (22/7) pagi.

Seluruh jaksa, pegawai dan tenaga honorer serta ketua dan anggota IAD dengan tertib dan khidmat mengukuti upacara bendera yang dimulai pukul 07.00 WIB.

Adapun tema HBA tahun ini “Penegakan Hukum Yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional”.
Inspektur upacara Kejari Inhu Romiyasi, sedangkan perwira upacara Kasi Intel Arico Novi Saputra dan sebagai komandan upacara Kasubsi Penuntutan Dolly Hutapea.

Upacara diawali dengan penghormatan umum yang dipimpin oleh komandan upacara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Korps Adhyaksa, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan Tri Krama Adhyaksa dan pembacaan Core Value ASN BerAKHLAK.

Amanat Jaksa Agung RI ST Burhanuddin yang dibacakan Kajari Inhu menegaskan, bahwa penegakan hukum memegang peranan yang krusial dalam semua lini kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta melibatkan banyak hal.

“Karena kepastian hukum merupakan usaha yang dilakukan oleh aparatur negara dalam mewujudkan ide-ide keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum menjadi kenyataan,” ujar Romiyasi.

Lebih lanjut, Romiyasi menyampaikan terkait dukungan Kejaksaan dalam pelaksanaan pembangunan secara tersurat diatur dalam Pasal 30 huruf b Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2021 tentang Kejaksaan RI.

Dimana disebutkan, bahwa bidang intelijen berwenang untuk menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan.

“Penegakan hukum yang tegas hanya dapat dilakukan ketika tangan-tangan kita bersih dan tidak tersandera dengan berbagai konflik kepentingan,” kata dia.

Romiyasi menambahkan, tanpa pikiran dan hati yang bebas dari belenggu kepentingan, penegakan hukum hanya akan dilakukan secara tebang pilih berdasarkan kepentingan mana yang diwakilinya dan akan terbebani dalam pengambilan keputusan secara objektif.

Dipenghujung upacara, pembacaan doa dan penghormatan umum kepada inspektur upacara. Sepanjang pelaksanaan Upacara Peringatan HBA Ke-63 tersebut suasana berlangsung dalam keadaan khidmat dan seluruh peserta upacara mengikuti setiap rangkaian hingga akhir dengan tertib dan teratur.

Seusai pelaksanaan upacara, Kajari dan jajaran turut mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan HBA Ke-63 yang bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Ragunan, Jakarta Selatan.

Upacara tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, Jaksa Agung RI dan jajaran Kabinet Indonesia Maju secara virtual.

Dalam keterangannya pers, Kasi Intelijen (Kastel) Kejari Inhu Arico Novi Saputra menyampaikan, upacara yang dilaksanakan pada pagi hari ini merupakan agenda utama pada peringatan HBA ke-63 tahun 2023 yang dilaksanakan seluruh satuan kerja Kejaksaan RI.

“Pada pagi hari ini, Kejari Inhu telah melaksanakan upacara peringatan HBA ke-63 tahun 2023 yang menjadi momentum bagi kami untuk melakukan evaluasi dan peningkatan atas semua pelaksanaan tugas dan fungsi dalam kurun waktu setahun terakhir,” kata Rico.

Rico menambahkan, kepercayaan publik pada institusi Kejaksaan RI telah meningkat secara signifikan. Hal itu dibuktikan berdasarkan survey nasional pada kategori kepercayaan terhadap lembaga negara.

Dimana, Kejaksaan RI menempati urutan pertama diantara institusi penegak hukum lainnya dengan angka persentase sebesar 81,2 persen.

“Tentunya predikat ini juga turut menjadi pemicu semangat jajaran Kejari Inhu dalam hal peningkatkan performa kinerja dan pemberian pelayanan prima kepada masyarakat,” tutup Arico. (yuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.