HUT ke-5 Padepokan Kanjeng Ratu Putri Pantai Selatan

oleh -89 views
oleh
HUT ke-5 Padepokan Kanjeng Ratu Putri Pantai Selatan

LANGKAT – Puluhan penggiat Budaya Kearifan lokal Barongsai, Tatung dan Kuda Kepang Jatilan memenuhi upacara peringatan ulang tahun ke 5 Padepokan Kanjeng Ratu Putri Pantai Selatan, untuk memeriahkan gelaran acara. Senin, 13 Maret 2023.

Acara Ulang Tahun Padepokan di hadiri Ketua FKPPAI DPD Sumatera Utara Ilyas Nasution SPd CH CHt GMPh GMH, Tokoh Spiritual Asia Datok Suhu Siam Lou Kong, Raja Gontar IV Kerajaan Aru DR Drs H Syafri Fadillah Marpaung MSI MPd.

Mpu Sembiring sedang memandu pengobatan gratis

Tampak juga Ketua Utama Tim Husada DPD FKPPAI Sumut Suhu Ong Lian Hoat, Ketua 1 Bagian Umum Tim Husada DPD Sumut Datok Mpu Sembiring, Ketua Matakin Sumut Zl Muslim Lingouw, Sekretaris Matakin Kota Medan Je hai, Bendahara Matakin Kota Medan Niso Lius, Ketua Matakin Kota Medan sekaligus Guru Spiritual JS Alwin, Tokoh Spiritual Medan Suhu So Tiong Lin, Suhu Ang Sin JK, Kades Tandem Hilir 1 Herianto dan perangkat Desa.

Pemberian sembako raja gontar IV Kerajaan Aru didampingi Kades Tandem Hilir 1 Herianto

Penggiat budaya kearifan lokal masyarakat, dari berbagai komunitas turut berpartisipasi. Giat ini diselenggarakan Bunda Alin pada puncak HUT ke-5 padepokan yang ia dirikan.

“Dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT ke-5 Padepokan Kanjeng Ratu Putri Pantai Selatan, seperti biasanya kami mengundang penggiat Barongsai dan Kuda Kepang yang ada di daerah Tandem. Masing-masing Komunitas mengirim perwakilan untuk menampilkan potensi kebudayaan dan kesenian yang dimilikinya,” kata Pendiri Padepokan, Bunda Alin.

Alin mengatakan, pada Ulang tahun padepokan kami sengaja mengundang Komunitas Penggiat budaya Barongsai dan Kuda Kepang sekaligus bertujuan mendorong geliat budaya di masyarakat setelah dua tahun menghadapi pandemi Covid-19. Tak ayal, sejumlah penggiat budaya Barongsai, Kuda Kepang dan Tatung, sepanjang jalan acara. Para warga banyak menonton, kata dia, diharapkan dapat menghibur warga setempat dan undangan yang hadir.

Pemberian sembako oleh bunda Alin founder padepokan

“Adanya giat Budaya di hari jadi padepokan, tentu berdampak positif pada komunitas-komunitas Yang ada.” Papar pendiri padepokan

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Forum Keluarga Paranormal & Penyembuh Alternatif Indonesia (DPD FKPPAI) Sumatera Utara Ilyas Nasution dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas berlangsungnya hari jadi Padepokan Kanjeng Ratu Putri Pantai Selatan menampilkan berbagai kegiatan budaya kearifan lokal Barongsai, Kuda Kepang Jatilan dan Tatung.

Raja Gontar IV dalam sambutannya menambahkan bahwa dengan adanya padepokan yang sedang melangsungkan ulang tahunnya ini, masyarakat setempat khususnya dan lapisan masyarakat pada umumnya akan merasakan manfaatnya secara langsung terutama budaya-budaya kearifan lokal yang di bina oleh pendiri.

Pada kesempatan yang diberikan ketua Matakin Medan JS Alwin mengatakan, kearifan dan kebudayaan lokal juga sebagai wujud kemajuan budaya bangsa. Matakin juga sudah mempraktekkan 4 indikator moderasi, satu diantaranya Akomodatif terhadap kebudayaan lokal yang dapat dilihat dan terwujud.

Usai Baksos Pemberian Sembako 100 goni beras dan sembako, dilanjutkan pengobatan gratis kepada puluhan warga. Dalam pengobatan gratis dipimpin oleh Datok Mpu sembiring guru kinayan didampingi Personil Tim Husada DPD FKPPAI Sumut.

Upacara Ulang Tahun Padepokan digelar hingga sore hari berlangsung meriah, tertib, dan lancar.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.