Wabup Buka Secara Resmi Pelatihan Pra Tugas 66 Kepala Desa Terpilih

oleh -91 views

Rokan Hulu,(Media Geser) – Setelah terpilih pada pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2022 yang lalu, 66 Kepala Desa terpilih ikuti Pelatihan Pra Tugas selama lima hari di Hotel Gelora Bakti Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan hulu.

Pelatihan Pra Tugas bagi Kepala Desa terpilih Hasil Pilkades Serentak dibuka secara Resmi oleh Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Senin (6/2/2023). Yang dihadiri seluruh Kepala Desa terpilih yang akan mengikuti Diklat Pra Tugas.

Dalam arahannya Wakil Bupati Rokan hulu, H.Indra Gunawan atas nama Pemerintah Rokan Hulu mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang telah terpilih pada helatan Pilkades serenak yang dipilih langsung oleh masyarakat Rokan hulu beberapa waktu lalu.

“alhamdullah hari ini saudara dapat hadir disini berkat peruangan saudara dan tentunya karena adanya dukungan dari masyarakat yang mendukung suadara sekalian hingga dapat duduk mejadi kepala desa untuk 5 tahun yang akan datang” ungkap Wabup.

Dijelaskan Orang No 2 di Rohul ini dimana sesuai dengan keputusan Bupati Rokan hulu nomor : kpts.141.1 dpmpd – pemdes / 1063 / 2022 tanggal 29 desember 2022 tentang penetapan Calon Kepala Desa terpilih pada pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Rokan hulu tahun 2022, maka sebelum dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa terlebih dahulu dilakukan Pelatihan Pra Tugas Kepala Desa terpilih, terhadap 66 (enam puluh enam) Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak di Kabupaten Rokan hulu, yang dilaksanakan pada tanggal 8 desember 2022 lalu.

Wabup berharap semoga dengan adanya pelatihan ini maka Kepala Desa terpilih dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan Perundang-undangan yang berlaku, dapat pula memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan teknis, pelayanan informasi dan promosi serta meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara pemangku kepentingan dalam rangka menjalani roda Pemerintahan Desa.

“Perlu di ingat bahwa pelayanan kepada masyarakat di tingkat Desa merupakan garda terdepan oleh karena itu berikanlah pelayanan kepada masyarakat dengan data dan fakta yang jelas apalagi saat ini berbagai jenis bantuan dari Pemerintah untuk masyarakat banyak jenis nya seperi adanya PKH, Bantuan Sosial masyarakat miskin dan lain sebagainya, dalam hal ini Kepala Desa tidak tebang pilih dalam menjalankan tugas namun sesuaikan dengan keadaan masyarakat dan tentunya disesuaikan pula dengan peraturan perundang-undangan yang ada.” Tamabah Pria yang akrab disapa Ujang Lurah ini.

Orang No 2 di Rohul inipun menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan integritas sebagai garda terdepan dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Rokan hulu ini untuk itu kepada seluruh Kepala Desa agar dapat memaksimalkan alokasi Dana Desa untuk membangun daerahnya masing-masing.

Penghujung sambutannya, Wabup menekankan kepada seluruh Kepala Desa agar bisa memaksimalkan alokasi Dana Desa untuk membangun Daerahnya secara transparan dan terhindar dari KKN guna menyesuaikan dengan Visi kita yakni Membangun Desa Menata Kota.

Saat di wawancara media, Wabup juga menyarankan kepada seluruh Kepala Desa yang terpilih dalam mengikuti Bimtek ini harus di ikuti dengan sungguh sungguh ikuti arahan yang disampaikan Nara sumber sehingga dalam mengayomi masyarakat dan menjalankan Roda Pemerintahan Desa dapat dilakukan dengan bijak sesuai dengan aturan aturan yang berlaku dan dapat memajukan Desa masing-masing sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Selanjutnya, PLT Kepala Dinas DPMPD Prasetyo, menyampaikan bahwa tujuan dilakukannya Bintek bagi Kepala Desa ini adalah agar Para Kepala Desa ini dapat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai Kepala Desa selaku garda terdepan dari Pemerintahan. Selain dari pada itu juga berguna untuk memberikan kedisiplinan sebab Kepala Desa merupakan contoh bagi masyarakat secara langsung.

(diskominfo/Adv/ m.haris.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.