Empat Warga Nias Ditemukan Tewas Tenggelam Diseret Arus Sungai Batang Lubuh

oleh -55 views

Rokan Hulu,(Media Geser) – Kerja keras Jajaran Polsek Kepenuhan, Polres Rokan Hulu (Rohul) yang dikomandani AKP Dasril SH berasil mengevakuasi korban tenggelam atau hanyut dalam keadaan meninggal dunia, di Sungai Batang Lubuh , Dusun Tanjung Padang, Kelurahan Kepenuhan Tengah, Jumat (7/1/2022).

Tim yang melakukan evakuasi Korban hanyut terseret, Camat Kepenuhan Gustia Hendria S Sos beserta Staf dan Anggota, Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril SH, Kanit Binmas IPDA Gusnal Hendri beserta Seluruh Personil Polsek Kepenuhan.

Kemudian, Personil Koramil 14 Kepenuhan Sertu M Rasul, Basarnas Pekanbaru, Hendro beserta 5 Anggota, BPBD Rohul, Tarmizi beserta 5 Anggota dan Masyarakat Kelompok Suku Nias sebanyak 20 orang.

Adapun identitas Korban, Yaniba Zebua (27), (Istri Hardi Jai) , Yuliana Yunima Waruwu (30) (Sebelumnya dilaporkan bernama Epi Zebua), Yude Zebua (25) dan Sedito alias Charles Nduru (40) korban meninggal dunia.

Sedangkan saksi atau korban selamat Hardi Jai (30), Yuris Zebua (20) dan Fitorma Jai 6 Tahun (Anak Hardi Jai).

Tim melakukan pencarian dan evakuasi 1 Perahu Karet milik Basarnas Pekanbaru, Alat Selam 2 Set, Politelin milik BPBD Rohul sebanyak 1 Unit, Sampan Warga sebanyak 8 Unit, Pendayung atau Pengayuh sebanyak 4 pasang dan lainnya.

Bermula peristiwa tersebut, Jumat 7 Januari 2022, para Saksi dan Korban diajak Charles (Salah satu Korban), untuk membersihkan lahan atau membabat lahan salah satu kebun Warga yang ada di Seberang Sungai Batang Lubuh Dusun Tanjung Padang Kelurahan Kepenuhan Tengah.

Kemudian, sebanyak 7 Orang sekaligus menaiki sampan yang berkukuran panjang 3 Meter.

Saat sedang menyeberang sekitar 5 Meter dari Tepian Sungai Batang Lubuh Sampan penyebrangan yang dinaiki para saksi dan korban sebanyak 7 orang tersebut terbenam ke air dan terbalik dan menyebabkan semua penumpang terjatuh ke sungai.

Namun dikarenakan keadaan debit air sungai Batang Lubuh naik dan Arus air deras, sehingga sebanyak 7 penumpang tersebut yang bisa menyelamatkan diri sebanyak 3 orang dan 4 orang lagi tenggelam dan hanyut dibawa arus sungai Batang Lubuh.

Atas kejadian tersebut, Tim melakukan pencarian Sabtu (8/1/2022), sekitar pukul 13.15.Wib telah ditemukan 1 korban hanyut dengan identitas Sedito atau Charles Nduru (40).

Sedito ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia tersangkut di Kayuan dalam air dari TKP boat tenggelam kurang lebih 500 Meter.

Dengan ciri ciri saat ditemukan menggunakan baju bewarna Hitam dan Celana bewarna Hitam.

Saat ini korban sudah dibawa ke Puskesmas Kepenuhan untuk dilakukan pembersihan dan visum serta saat ini sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Masih pada Sabtu (8/1/2022), sekitar pukul 16.00 Wib telah ditemukan lagi seorang korban, dengan Identitas Yaniba Zebua (27), ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Kemudian ditemukan dari TKP penemuan pertama sekitar 500 Meter arah ke hilir di Dusun Tanjung Padang Kelurahan Kepenuhan Tengah Kepenuhan dan dari TKP sekitar 1 KM.

Dengan ciri ciri saat ditemukan menggunakan baju bewarna Abu-abu dan Celana bewarna Putih saat ini korban sudah dibawa ke Puskesmas Kepenuhan untuk dilakukan pemeriksaan atau visum dokter dan saat ini sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Selanjutnya, pada Sabtu (8/1/2022), sekitar pukul 23.00 Wib, di pinggir Sungai Batang Lubuh Pasir Pandak Desa Kepenuhan Timur telah ditemukan kembali seorang Korban hanyut di Sungai Batang Lubuh dengan identitas Yude Zebua (25).

Korban ditemukan dalam keadaan sehat dah meninggal dunia dengan jarak 10 KM dari TKP Awal dan ditemukan mengembang dipermukaan air serta tersangkut kayu.

Dengan ciri ciri saat ditemukan menggunakan baju bewarna Hitam dan Celana bewarna Biru dongker dan korban sudah di visum oleh dokter Puskesmas Kepenuhan dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Kemudian pada Minggu (9/1/2022), sekitar pukul 09.10 Wib, ditemukan korban ke 4 di Pinggir Sungai Batang Lubuh Pasir Pandak Desa Kepenuhan Timur ditemukan kembali salah seorang Korban Hanyut d Sungai Batang Lubuh dengan identitas Yuliana Yulima Waruwu (30), sebelumnya dilaporkan korban selamat bernama Epi Zebua.

Ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia dengan jarak sekitar 9 Km dari TKP Awal serta ditemukan mengembang dipermukaan air warga yang sedang mencari Ikan.

Dengan ciri ciri saat ditemukan menggunakan baju bewarna Hitam dan Celana bewarna Biru Dongker, saat ini korban sudah berada di Puskesmas untuk dilakukan Visum dan akan diserahkan kepada pihak Keluarga Korban .

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK melalui Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril SH menyampaikan atas perkembangan situasi dan penemuan korban tentang korban Hanyut akibat boat yang ditumpangi tenggelam saat menyeberang di Sungai Batang Lubuh Ke Kepenuhan Tengah.

“Tindakan yang dilakukan melakukan Visum luar terhadap 4 korban yang meninggal, membuat berita acara serah terima Jenazah Kepada Keluarga Korban,” kata Eks Kasat Narkoba Polres Rohul tersebut.

Lanjut AKP Dasril SH, pihaknya mebuat Surat Pernyataan penolakan dilakukannya Autopsi.

Kapolsek juga menghimbau Kepada masyarakat guna antisipasi dan pencegahan agar berhati-hati dalam beraktifitas di Pinggiran Sungai Batang Lubuh.

“Selalu menggunakan peralatan yang dapat menunjang keselamatan diri dan jangan memaksakan kapasitas Sampan atau Boat,” terangnya.

“Dengan jumlah yang tidak seharusnya mengingat kondisi terkini debit Air Sungai Batang lubuh masih tinggi dan Arus Sungai yang cukup deras,” pungkasnya mengakhiri.

(Adi/Humas Polres Rohul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.