Polemik Kriteria Persyaratan Calon Ketua KONI Riau, ini Kritik Anggota KONI Daerah

oleh -79 views
Ketua KONI Kab. Inhu, Supri Handayani, SE.(Ando)

Pekanbaru,(Media Geser) – Dinamika perebutan kursi Ketua KONI Riau 2021-2025 semakin menarik. Entah apa sebabnya, syarat menjadi Ketua KONI Riau yang semula ada dukungan minimal 4 KONI Kab/Kota berdasarkan kesepakatan Rakerprov KONI Riau pada April lalu, kini berubah dan cukup dengan dukungan 25% suara anggota KONI saja untuk bisa menjadi Ketua KONI Riau.

Hal itu menuai kritik dari keluarga besar KONI Riau. Salah satunya Ketua KONI Kab. Indragiri Hulu (Inhu) Supri Handayani, SE.

“Ini tentu menjadi pertanyaan bagi kami, kenapa kok syarat minimal 4 dukungan Ketua KONI Kab/Kota itu hilang. Sementara ada bukti foto bahwa salah satu poin yang disepakati bersama pada Rakerprov KONI 10-12 April lalu yakni harus ada minimal 4 dukungan Ketua KONI Kab/Kota” ujar Supri yang akrab disapa Ando, Jum’at (26/11).

Ando menyayangkan statemen Ketua tim penjaringan calon Ketua KONI Riau Zulkifli Indra yang mengatakan persyaratan tersebut tidak ada dalam keputusan Rakerprov, maka untuk memutuskan persyaratan calon Ketua KONI Riau, yakni ada 25% suara anggota KONI dibuat melalui rapat pleno pengurus KONI Riau.

“Tentu hal itu bertentangan dengan ART pasal 33 ayat 5 bahwa persyaratan calon Ketua harusnya diputuskan melalui Rakerprov, secara nyata memang sudah dibahas dan disepakati. Sedangkan, rapat pleno hanya fokus pada pembahasan hal-hal yang berkaitan dengan program kerja (ART pasal 37 ayat 6)” ujarnya.

Hasil Rakerprov pada 10-12 April lalu seyogyanya menjadi produk hukum dan landasan bekerja tim penjaringan Ketua KONI Riau. “Tapi, sampai saat ini belum juga dibagikan kepada seluruh anggota KONI Riau. Tentu kita bertanya-tanya, apa sebenarnya yang terjadi ? Apa ada something yang disalah gunakan ? KONI Provinsi Riau bijaklah dalam bersikap, harus transparan dan menjunjung tinggi sportivitas” kata Ando.

Mewakili sebagian besar rekan-rekan KONI Kab/Kota, Ia berharap Musorprov KONI Riau yang rencana akan digelar dalam waktu dekat terselenggara dengan baik, sesuai prosedur dan taat hukum.

“Agar produk yang dihasilkan memiliki legitimasi dan Ketua terpilih dapat bertugas dengan baik dan nyaman nantinya” tutup Ando. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.