Sebanyak 312 WBP Rutan Rengat Terima Remisi Hari Raya Idul Fitri

oleh -19 views

INHU,(Media Geser) – Sebanyak 312 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Rengat menerima remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021 Masehi.

Pemberian remisi hari besar keagamaan itu dilakukan.usai para WBP melaksanakan sholat Idul Fitri (Ied) yang dilaksanakan dihalaman Rutan Kelas II B Rengat di Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau, Kamis 13 Mei 2021 pagi tadi.

Dari jumlah total 640 WBP Rutan Kelas II B Rengat, yang mendapatkan remisi sebanyak 312 WBP.

“Pemberian Remisi Khusus (RK) 1 diberikan oleh negara kepada mereka (WBP), sesuai dengan kriteria dan peraturan perundang-undangan. Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri ini diberikan kepada WBP yang telah menjalani pidana minimal selama 6 bulan,” kata Kepala Rutan Kelas II B Rengat, Refin Tua Simanulang SH kepada wartawan, Kamis 13 Mei 2021.

Dari 312 WBP yang menerima remisi, harus berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman. Serta memenuhi syarat subtantif dan administratif dan juga tidak tercatat dalam Buku Pelanggaran atau Registrasi F.

Kepala Rutan (Karutan) Refin Tua Simanulang didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan Nepri Mutasni menuturkan, dari 312 WBP yang mendapatkan RK 1, sebanyak 246 orang merupakan pelaku tindak pidana umum (Pidum) dan 66 orang lainnya pelaku tindak pidana khusus.

Atau terkait Peraturan Pemerintah (PP) No.99 tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan.Yakni pengecualian pemberian remisi kepada tiga jenis kejahatan luar biasa, yaitu narkoba, korupsi dan terorisme.

“Besaran remisi atau pengurangan masa hukuman yang diterima masing – masing WBP itu bervariasi. Mulai dari 15 hari sampai 60 hari atau maksimal selama 2 bulan,” terang Refin.

Dalam pemberian remisi khusus ini, lanjutnya, tidak ada satupun WBP yang langsung bebas, melainkan hanya remisi sebahagian.

“Melalui momen pemberian remisi ini, kami berharap agar warga binaan agar lebih sadar akan lesalahan mereka di masa lalu. Serta dapat memperbaiki diri dimasa yang akan datang. Semoga kedepan, mereka (WBP) bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” imbuhnya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.