10 Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau Mendapatkan Bantuan 2 Unit Sepeda Motor 

oleh -92 views

Pekanbaru,(Media Geser) – Bantuan Khusus Keuangan (BKK) desa tahun 2028 yang dialokasikan untuk 10 kabupaten kota ada sebesar Rp1,5 triliun, di dalamnya terdapat biaya operasional untuk setiap desa sebesar Rp28 juta.

“Kemudian biaya operasional yang ditujukan untuk perjalanan atau transportasi dinas dan biaya administrasi pelaporan, Pemprov pusat juga memberikan bantuan dua unit kendaraan bermotor roda dua,” kata SF Harianto ( Sekda)Sekretaris Daerah lanjut lagi

Masing-masing satu unit untuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan satu unit untuk Kepala desa (Kades). diharapkan untuk menambah kelancaran kegiatan dalam bekerja.

“Pemprov melalui gubernur dan Pemerintah Pusat memberikan bantuan berupa dua unit kendaraan bermotor, honda, satu untuk BPD satu untuk Kepala desa, untuk kelancaran kegiatan Kades kita semuanya,” ucapnya di Kantor Gubernur Riau, Rabu (27/12/2023).

Kendati Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar mengatakan, sepeda motor ini diberikan kepada kepala desa karena kondisi geografis wilayah tersebut yang memprihatinkan. Walau diberikan kepada BPD, mengatakan aset ini tetap milik Pemerintah desa.

“Jadi kebijakan Pemprov memberikan aset ini untuk dipinjam pakai oleh BPD, tapi asetnya tetap atas pemerintah desa,” katanya.

Ia lanjutkan, mengenai jenis kendaraan sepeda motor akan diserahkan kepada masing-masing kepala desa. Hanya saja telah ditetapkan besaran anggaran untuk 2 unit motor tersebut sebesar 45 juta.

Mendapatkan apresiasi seperti itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Riau Abdul Rachman Chan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Ia katakan sejak 2012, baru kali ini kepala desa diberikan kendaraan bermotor oleh pemerintah.

“Saya Mengucapkan kasih atas bantuan sepeda motor untuk Kades dan BPD. Biaya operasional yang diminta 12 juta saja diberikan 28 juta. Mudah-mudahan, APDESI dan Pemda (Pemerintah Daerah) Provinsi Riau selalu bisa mendukung Pemerintah pusat,” Ucapnya.

Laporan: Sariaman Purba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.