Pelajar SDN 006 Redang Termangu saat Kapolres Inhu Membacakan Dongeng

oleh -89 views

INHU,(Media Geser) – Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya membacakan dongeng dihadapan puluhan pelajar SDN 006 Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat. Mendengar dongeng itu membuat para pelajar termangu.

Dalam kesempatan itu pula Kapolres menyerahkan buku bacaan secara simbolis yang merupakan program Kapolri ‘Polri Peduli Literasi’ di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kamis (31/8).

Program Kapolri itu diaplikasikan dalam bentuk pendistribusian buku hingga ke pelosok Nusantara secara serentak pada hari ini.

Dalam sambutannya Kapolres Inhu mengucapkan kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan mensuskseskan program ‘Polri Peduli Budaya Literasi’ yaitu Distribusi Buku sampai pelosok Nusantara dalam upaya meningkatkan kualitas SDM untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera khususnya di Kabupaten Inhu.

Kapolres menuturkan, bahwa berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca khususnya dipelosok pedesaan guna mendukung kecerdasan masyarakat terus dilakukan.

Baik itu melalui pendidikan formal maupun non formal melalui pengembangan perpustakaan atau rumah-rumah baca atas inovasi oleh para Bhabinkamtibmas yang ada diwilayah hukum Polres Inhu Polda Riau, sebagai sarana belajar sepanjang hayat.

Dikatakannya, keberadaan perpustakaan atau rumah baca memiliki peran strategis sebagai pusat kegiatan belajar yang akan mengantarkan masyarakat menjadi bangsa yang cerdas dan sejahtera.

“Masyarakat sejahtera hanya akan terwujud apabila masyarakat kita hidup cerdas, dan untuk menjadi cerdas kita harus belajar. Namun mengajak masyarakat untuk belajar tidaklah mudah untuk era sekarang ini, karena membaca belum dirasakan sebagai kebutuhan dan menjadi budaya bagi sebagian besar masyarakat,” kata Kapolres.

Disisi lain, lanjut Kapolres, bahwa saat ini dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Yang mana, media televisi dengan gencar menyuguhkan berbagai infotainment dengan kemasan yang beragam, disamping akses internet yang terus berjalan dengan cepat.

Oleh karena itu, diperlukan strategi jitu agar masyarakat mau memanfaatkan rumah-rumah baca atau perpustakaan yang sudah dikembangkan oleh para Bhabinkamtibmas.

Personel Bhabinkamtibmas tidak saja dituntut profesional, sehingga dapat menjadikan rumah baca atau perpustakaan ini sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi tetapi juga harus proaktif melakukan upaya-upaya agar masyarakat tertarik untuk datang dan memanfaatkan rumah baca dan perpustakaan sebagai tempat belajar dan membaca.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu saja dukungan para pejabat berwenang, baik ditingkat daerah maupun pusat, sangat diperlukan.

Inilah salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh Kapolri melalui program ‘Polri Peduli Budaya Literasi’ ini.

“Semoga langkah-langkah nyata yang kita lakukan bersama ini dapat segera mengantarkan masyarakat kita pada cita-cita yang di dambakan yaitu masyarakat yang cerdas dan sejahtera,” ucap Kapolres.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Inhu, Venisa Dwipa Sari dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan bersyukur karena program literasi ini diprakarsai oleh Polri.

“Mari kita bersama-sama mengembalikan kegemaran membaca anak-anak. Sebab, dengan adanya alat seperti handphone dapat mengurangi minat baca anak-anak,” ajak Venisa.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan buku bacaan yang secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Inhu kepada personel Bhabinkamtibmas seluruh jajaran Polres Inhu.

Dimana, buku-buku tersebut nantinya agar di distribusikan ke pustaka desa atau rumah baca, yang selama ini diprakarsai oleh personel Bhabinkamtibmas disetiap desa diwilayah tugas masing-masing.

Tidak hanya itu, Kapolres juga sempat membacakan dongeng dihadapan puluhan pelajar SD Desa Redang, hal itu sangat diminati anak-anak.

Bahkan, Kapolres juga bermain quiz dengan anak-anak tersebut dan bagi pemenang, diberi hadiah berupa uang saku untuk membeli buku.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolres Inhu, Kompol Teddy Ardian, Kabag SDM Polres Inhu, AKBP Ahmad Prihatin, Kapolsek Rengat Barat, Kompol Deni Afrial, Camat Rengat Barat Lisnar Manaf.

Kemudian, Kepala Desa Redang, Edi Suparman, para Kasat, para Pejabat Utama (PJU), para Kabag, para Kasi dan Perwira Polres Inhu, tokoh masyarakat Desa Redang, puluhan pelajar SDN 006 Desa Redang serta undangan lainnya. (yuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.