Launching Program Polisi RW Polres Inhu di Danau Raja dan Rompi Motif Seroja

oleh -69 views

INHU,(Media Geser) – Polda Riau secara resmi meluncurkan program Polisi Rukun Warga (RW). Program terpusat ini dilaunching langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama Gubernur Riau Syamsuar dan Kakor Binmas Mabes Polri, Irjen Pol Hary Sudwijanto yang diikuti secara virtual oleh seluruh Polres dan Polrestabes se-Provinsi Riau, Rabu (14/6).

Sementara di Polres Inhu sendiri, kegiatan launching Polisi RW dilaksanakan dilokasi Objek Wisata Danau Raja Rengat. Penunjukan lokasi acara sebagai upaya mengeksplor dan mengenalkan Objek Wisata Danau Raja Rengat dan juga sebagai ajang promosi kearifan lokal lainnya, seperti rompi Polisi RW Polres Inhu kombinasi batik seroja khas Kabupaten Inhu.

Kapolda Riau, dalam sambutannya mengatakan, program Polisi RW mengadaptasi dari kebutuhan polisi terkini yang lebih mengutamakan pencegahan kejahatan dari pada penegakan hukum.

Keberhasilan polisi itu adalah saat ia mampu mencegah kejahatan. Jadi hal ini lebih sederhana, lebih murah, lebih efektif, sehingga tidak ada korban.
Diharapkan kalau RW aman, kelurahan aman, kecamatan aman, dan juga seterusnya dan ini sebuah program yang akan kita teruskan.

Kapolda juga merincikan, ada sekitar 4309 personel RW yang tersebar diseluruh jajaran Polda Riau.

Dimana, Polresta Pekanbaru sebanyak 1141 personel, kemudian, Kabupaten Inhu memiliki jumlah RW sebanyak 1068 jumlah polisi RW yang ditugaskan sebanyak 332 dengan dengan 1 personel membawahi hingga 7 RW.

Begitu juga Kabupaten Rohul memiliki RW sebanyak 1094 jumlah personel yang ditugaskan untuk polisi RW sebanyak 328 personel serta kabupaten/kota lainnya.

Sembutan juga disampaikan Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto dan Gubernur Riau, Syamsuar yang sangat mengapresiasi pembentukan Polisi RW ini.

“Atas nama pemerintah Provinsi Riau, saya mengucapkan terima kasih bayak kepada Polda Riau beserta jajaran atas terwujudnya program Polisi Rukun Warga dan ketua rukun warga mitra Polisi di Provinsi Riau,” kata Syamsuar.

Setelah itu, Kakor Binmas Mabes Polri, Gubri, Ketua DPRD Riau dan Forkopimda Riau lainnya menyapa seluruh kabupaten/kota se Riau secara virtual, termasuk Kabupaten Inhu atau Polres Inhu.

Kapolres Inhu, seusai acara itu mengatakan, Polres Inhu sengaja menjadikan taman wisata Danau Raja sebagai tempat launching Program Polisi RW sebagai upaya mempromosikan objek wisata di Kabupaten Inhu, salah satunya adalah Danau Raja Rengat.

Bahkan, Polres Inhu mengombinasikan rompi Polisi RW dengan batik seroja yang merupakan batik khas Inhu, Polres juga menampilkan berbagai tarian tradisional Kabupaten Inhu saat launching Program Polisi RW, seperti Tari Rentak Bulian, Kompang khas Inhu sebagai upaya menjaga kearifan lokal Kabupaten Inhu.

“Terima kasih pada Pemkab Inhu, Forkopimda Inhu, tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh elemen masyarakat lainnya di Kabupaten Inhu yang telah mendukung penuh program Polisi RW oleh Polres Inhu dan jajaran Polsek,” ucap Kapolres.

Launching Polisi RW itu dihadiri Wakapolres Inhu, Kompol Dwi Yatmoko, para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Inhu, Danki Kompi C Brimob Polda Riau, Ipda Nasiv Panjaitan, Forkopimda Inhu, kepala dinas, badan, kantor dan bagian dilingkungan Pemkab Inhu.

Penasehat LAMR Kabupaten Inhu, H Zulkifli Ghani, Ketua GP Ansor Inhu, H. Andi, Ketua NU Inhu, Saeroji, Ketua MUI Inhu,e H. Tengku Wahab, Ketua Ormas, OKP dan Profesi se Kabupaten Inhu serta seluruh Polisi RW Polres Inhu dan jajaran.

Kegiatan tersebut dihadiri dan diikuti Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya, Wakil Bupati Inhu, Drs Djunaidi Rachmat, Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, Pamatwil Polres Inhu Kabag Ops Sat Brimob Polda Riau AKBP Rivana Wahdi, Forkopimda Inhu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya. (yuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.