Bupati Rohul Pimpin Tentang Penanganan Karhutla

oleh -61 views

Rokan Hulu,(Media Geser) – Rapat Koordinasi  (Rakor) analisa dan evaluasi penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  Tahun 2023, di Aula Rapat Lantai III Kantor Bupati,  Selasa (2/5/2023) sekitar pukul 10.00 Wib.

Rakor tersebut dipimpin Bupati Rohul  H Sukiman di dampingi  Kapolres AKBP Budi Setiyono SIK MH,   dihadiri Wakil Bupati (Wabup) H Indra Gunawan, Wakapolres  Kompol Erol Ronny Risambessy SIK, Dandim 0313/KPR yang diwakili  Kapten Inf Lilik H, Sekda Kab Rohul  Muhammad Zaki S STP M Si.

Kegitan tersebut diikuti, Asisten II SetdaKab Rohul H Ibnu Ulya,  Kepala BNPB Propinsi Riau  diwakili Kabid Kedaruratan Jim  Gafur,  Kasat Pol  PP Ridarmanto, SIP MIP, Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian  diwakili  Weddy SP,  Kabag Ops  Kompol  Amru SH, Kasat Reskrim  AKP D Raia  Putra Napitupulu SIK MM, Kasat Lantas  AKP Akhmad Rivandy SIK, Kasat Res Narkoba  AKP Riza Effyandi SH MH, Kasat Binmas  AKP Hermawan SH

Kalaksa BPBD Rohul Zuliandri Rosa S Si, MM,  Kasi BB Kejari Rohul Lita Warman, SH, MH, Para Kepala Dinas, Kapolsek,  Danramil, Camat, Kepala Desa, Perwakilan Management seluruh Perusahaan se Rohul dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohul H Sukiman menyampaikan, saat ini wilayah Rohul sudah mulai Musim Kemarau dimungkinkan sampai Bulan Oktober

“Oleh karena itu kita sangat waspada dalam mengahadapi Musim Kemarau dan jangan sampai lengah kemungkinan kebakaran hutan dapat terjadi, seperti tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

“Untuk itu,  kita harus bersama-sama mengantisipasi dan ini bukan hanya tugas Polisi TNI saja,  ini kita tugas bersama dan daerah kita yang sering terjadi karhutla di Kabun, Tandun, Pendalian Rokan IV Koto, Rambahsamo serta Bonai Darussalam,” rinci Bupati.

“Mari kita tumbuhkan rasa cerewet terhadap Masyarakat, agar tugas kita tercapai aman dari gangguan Karhutla,” tuturnya lagi.

Masih,  Bupati H Sukiman  memerintahkan supaya segera  dibuat Surat Edaran kepada Camat, Kades tentang larangan membakar Hutan dan Lahan.

“Apabila terjadi kebakaran di Desa, tidak kita bangun dan kita arahkan APBD nya ke Desa lainnya,” tegas Orang Nomor Satu di Negeri Seribu Suluk ini.

” Mari bersama-sama kita menjaga daerah kita dari Karhutla,” tambahnya.

Di tempat yang sama Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH,  menyampaikan secara umum Wilayah Provinsi Riau yakni Dumai dan Bengkalis, saat ini sudah terjadi Karhutla, sekarang masih berupaya untuk memadamkan dan pendinginan.

“Untuk di Kabupaten Rohul  kita berharap bisa bersama-sama untuk dapat mengantisipasi terjadinya Karhutla dan diprediksi di Bulan Juni akan terjadi musim kemarau, puncaknya di bulan September dan diperkirakan bulan Oktober sudah normal,” tuturnya.

Lanjutnya, status Siaga Karhutla di Provinsi Riau, selama 9 Bulan  dari 13 Februari SD 30 November 2023. instruksi BNPB supaya melibatkan Unsur Penthalik  yakni Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Akademisi dan Media untuk mempercepat penanganan karhutla dan minimalisir timbulnya Asap.

“Provisi Riau telah menerima bantuan berupa Satu  Unit Helikopter Sempurna untuk pelaksanaan Water Boming dari PT Sinarmas, Silahkan lakukan pengecekan peralatan dari KLHK Pusat apakah sudah sampai ke daerah jangan sampai pada saat terjadi kebakaran peralatan tidak ada,” kata Kapolres

Orang Nomor Satu di Mako Polres Rohul ini, menegaskan lakukan Mapping Daerah Rawan karhutla lakukan inventarisasi kuat personil gabungan dan peralatan untuk melakukan pemadaman serta Pendingan karhutla,  Gandeng dan tingkatkan koordinasi, komunikasi kerjasama secara proaktif dan kolaboratif dengan unsur.

“Dalam penambangan supaya mengedepankan 3 Pilar Kapolsek, Camat dan Danramil dibantu dengan bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades untuk melakukan upaya preemtif dan Preventif dalam penanganan karhutla,” terangnya.

“Lakukan pengecekan terhadap perlengkapan dan peralatan Karhutla ya

(m.haris/ADV/kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.