Bappeda Gelar FKP Rancangan Awal RKPD Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2024

oleh -232 views

Rokan Hulu,(Media Geser) –  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) untuk Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2024, yang dibuka Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, diaula Bappeda Rohul, Selasa (28/2/2023).

Turut juga dihadiri Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST M.Si, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, Ketua Komisi IV DPRD Rohul Karneng Dimara Lubis, Anggota DPRD Rohul Budi Darman, Kepala OPD, Camat, Akademisi, Perbankan, Perumda, Forum Anak Rohul, LSM dan Stakeholder terkait.

Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si mengatakan Forum Konsultasi Publik terhadap Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2024 merupakan salah satu tahapan awal sekaligus tahapan penting dalam penyusunan (RKPD)

Lanjutnya, Tahapan ini merupakan upaya penjaringan saran atau masukan dari instansi/lembaga terkait maupun kelompok atau organisasi kemasyarakatan untuk melengkapi dan menyempurnakan Ranwal RKPD yang telah disusun. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rokan Hulu.

“Melalui Forum Konsultasi Publik ini kita menyampaikan Program kegiatan berdasarkan Visi dan Misi. Kemudian prioritas tahun ini kita sampaikan ke forum konsultasi publik berdasarkan juga usulan-usulan Musrenbang dan Pokok Pikiran yang sudah dirangkum melalui aplikasi SIPD. Dari masukan-masukan yang diberikan oleh seluruh stakeholder nanti menjadi catatan dan akan dirumuskan kembali oleh Bappeda untuk masuk ke dalam RKPD,” jelas Sekda

Sementara itu, Kepala Bappeda Rohul Drs. Yusmar M.Si mengatakan tujuan dilakukan FKP merupakan komunikasi 2 arah yang dilakukan secara aktif atau pasif untuk meminta pandangan dari berbagai elemen dan komponen masyarakat untuk dapat memfasilitasi keterlibatan publik secara otonom dalam rangka penyelenggaran pelayanan publi dan pembangunan guna pemenuhan hak masyarakat.

“Sebagaimana diketahui bahwa yang namanya forum konsultasi publik ini kan konsultasi dua arah artinya sudah ada rancangan, tapi ada masukan-masukan dari stakeholder elemen dan komponen masyarakat yang kita tampung dan sesuaikan dengan rencana RKPD,” jelasnya

Terkait arah kebijakan dan fokus pembangunan Rohul, Eks Kadis Kominfo Rohul ini menjelaskan Pemkab akan menyesuai dengan skala Prioritas Pembangunan Tahun ini, yang disesuaikan dengan rencana Pembangunan jangka menengah dan Pembangunan jangka panjang.

Kemudian di Sinkronkan dengan Pembangunan tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. Oleh karena itu, melalui Forum konsultasi publik ini sebagai masukan yang berharga dalam rangka bagaimana Perencanaan lebih baik dari tahun ke tahun.

“Makanya pedoman kita dalam merencanakan tetap mengacu kepada 3 poin penting, yaitu kewenangan, Regulasi dan Kemampuan. Jadi ada kewenangan yang bisa kita laksanakan kemudian regulasi yang mengatur kemudian kemampuan, tanpa ada tiga itu kita sulit,”

“Istilahnya ketika kita membesar-besarkan tetapi kemampuan tidak ada, nah ini yang akan disesuaikan dan mudah-mudahan itu bisa kita susun dan kita laksanakan musyawarah melalui FKP ini. Karena setelah ini akan dilanjutkan dengan pembahasan dengan OPD-OPD terkait untuk lebih penajaman dari rencana Program yang akan kita buat,” terang Yusmar

Masih dalam pemaparan arah Pembangunan dalam FKP Ranwal RKPD 2024, Yusmar juga menjelaskan capaian Indikator Makro Kabupaten Rokan Hulu mulai dari tahun 2018hingga tahun 2022, dibidang Pertumbuhan Ekonomi mengalami peningkatan 4,98 % pada tahun 2021.

Sementara dibidang Indek Pembangunan Manusia (IPM) juga meningkat, dimana tahun 2021 sebesar 69,67 tahun 2022 naik menjadi 70,31. Tingkat Pengangguran terbuka tahun 2021 2,25% dan Tahun 2022 sebesar 3,62%.

(M.Haris.MG/diskominfo/Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.