Pemkab Rohul Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

oleh -20 views

Rokan Hulu,(Media Geser) – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual diruang Diskominfo Rohul, Rabu (1/6/2022). Upacara virtual peringatan hari Lahir Pancasila tingkat Pemkab Rohul ini berlangsung khidmat.

Turut diikuti Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Plt Kepala Kesbangpol Rohul Irvandri, Perwakilan Dandim 0313/KPR, Sekretaris Diskominfo Rohul Zulfikri, Plt Kabid IKP Rudy Fadrial S.Sos M.Si, Kabid e-Governmen M. Yudi Arfian dan Pengurus MPC Pemuda Pancasila.

Pantauan secara virtual, Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung secara virtual ini, Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara sebagai perwira upacara Brigjen TNI Harfendi dan sebagai komandan upacara Kolonel Infanteri Tunjung Setyabudi.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua. Akan tetapi, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian,” pesan Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan, hal ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

“Dalam sejarah Indonesia kita bisa melihat bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujarnya.

Selain itu, ia selalu mengingatkan kepada seluruh pihak untuk benar-benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila.

“Saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila dan kita bisa wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita,” ungkap Jokowi.

Dalam memperjuangkan Pancasila, sambung Jokowi, pihaknya mengajak untuk bersama-sama untuk mengimplementasikan secara baik dalam tata kelola pemerintahan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadirannya dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” sebutnya.

Disela usai mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos kepada Media Center Diskominfo Rohul, Rabu (1/6/2022) Atas nama Pemkab Rohul mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila.

Dijelaskan Syofwan, bagi generasi muda di Rokan Hulu sendiri, hari lahirnya Pancasila harus dimaknai sebagai moment untuk melestarikan kembali nilai nilai kepatutan dan kepantasan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagaimana yang terkandung dalam adab perilaku budaya melayu, yang kita ketahui bersama sudah mulai tergerus oleh gencarnya arus globalisasi dan kemajuan tekhnologi terutama dalam berinteraksi di dunia maya melalui sosial media.

Selanjutnya Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, disetiap momen kegiatan Pemkab Rohul, Bupati Rohul H. Sukiman sering menggaungkan 4 pilar kebangsaan, salah satunya Pancasila. Karena aktualisasi nilai pancasila terutama bagi ASN dilingkungan Pemkab Rohul harus dilaksanakan.

Pasalnya, Lanjut Eks Kadisparbud Rohul ini, dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila ini mampu menyatukan semua elemen masyarakat Rohul yang beragam agama, suku dan budaya. Dengan semangat kebersamaan inilah untuk membangun Rokan Hulu lebih maju sesuai dengan Visi Misi Bupati Rohul H. Sukiman dan Wabup H. Indra Gunawan.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ini sangat penting, untuk itu Pemkab Rohul mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila. Karena kita sering melihat disetiap kegiatan, baik Upacara dan Pelantikan Pejabat dilingkungan Pemkab Rohul serta kegiatan dimasyarakat, pak Bupati H. Sukiman terus menggaungkan Pancasila. Inikan artinya aktualisasi nilai pancasila harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya

(M.Haris.MH/Adv/Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.