Warga Desa Punti Kayu Apresiasi Sikap Bupati Inhu

oleh -136 views

INHU,(Media Geser) – Setelah menghadiri rapat dikantor Bupati Inhu yang membahas tentang perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) PT Indri Plant (IP) pada hari ini, Rabu (23/3), Kepala Desa (Kades) Punti Kayu, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Inhu, Riau, Surman kepada media ini menegaskan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE atas komitmennya untuk tidak akan meneken perpanjangan HGU PT Indri Plant.

Dalam kesempatan itu, kata Surman, Ibu Bupati menegaskan jika pihaknya tidak akan meneken atau menandatangani perpanjangan izin PT IP sebelum menyelesaikan kewajibannya kepada masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Kami sangat apresiasi atas sikap Ibu Bupati didalam pertemuan tadi. Namun, kami juga sangat menyesalkan atas sikap Sekda Inhu yang terlihat keberpihakannya kepada PT Indra Plant dan menyudutkan masyarakat Desa Punti Kayu, dengan membatasi keterangan atau argumen masyarakat Desa Punti Kayu serta memberi jawaban dan kesimpulan dalam rapat,” tegasbya.

Selain itu, lanjut Surman, pihaknya juga sangat menyesalkan atas peta yang ditampilkan di proyektor, dalam rapat, dengan menghilangkan keterangan atau gambar Sungai Seranggeh yang membentang dari barat ke timur, yang merupakan titik sentral wilayah Desa Punti Kayu.

Sehingga diduga, menggiring pergeseran batas desa dan berdampak pengaburan keberadaan PT IP di Desa Punti Kayu.
Hal senada juga disampaikan Datuk Desa Punti Kayu, Martizal bahwa pihaknya meminta kepada Bupati Inhu untuk mencopot Hendrizal dari jabatannya sebagai Sekda Inhu serta pejabat lainnya yang terindikasi memihak kepada kepentingan perusahaan dan mengabaikan hak masyarakat.

“Kami meminta kepada Ibu Bupati Inhu untuk mencopot Pak Hendrizal dari jabatannya sebagai Sekda Inhu serta menegur keras pihak BPN Inhu dan sejumlah pejabat terkait lainnya yang kita duga kuat telah berpihak kepada pihak perusahaan. Kami masyarakat Desa Punti Kayu akan tetap melakukan aksi demontrasi untuk menuntut hak atas pepanjangan izin kepada PT Indri Plant,” kata Martizal. (yuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.