Optimalkan Stock Pangan, Bupati Inhu Rezita Meylani Resmikan LPM Gapoktan

oleh -57 views

INHU,(Media Geser) – Dalam rangka kemandirian dan mengoptimalkan stock (ketersediaan) pangan diwilayah Kabupaten Indragiri Inhu, Riau, Pemkab Inhu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Inhu membangun Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) 10 kecamatan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kabupaten Inhu.

Kegiatan ini ditandai dengan digelarnya peresmian lumbung pangan dimaksud oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE yang digelar di Kelurahan Air Molek I, Kecamatan Pasir Penyu, Rabu (22/12).

Tampak hadir pada acara tersebut sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, antara lain Camat Pasir Penyu beserta Forkopimcam Kecamatan Pasir Penyu, Lurah Kelurahan Air Molek I beserta lurah dan kepala desa se-Kecamatan Pasir Penyu, pimpinan perusahaan di Kab Inhu, Ketua Gapoktan Karya Makmur beserta para ketua kelompok tani dan tamu undangan lainnya.

Acun Basuni, perwakilan Gapoktan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Inhu atas dukungannya hingga 10 Gapoktan dapat terbentuk dan berjalan lancar.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Kab Inhu Ir Hj Isnidar dalam laporannya mengatakan, bahwa sektor pertanian memiliki kaitan yang sangat erat dengan ketahanan pangan dan menjadi prioritas agar terhindar dari krisis pangan.

Untuk itu pemerintah menetapkan adanya cadangan pangan baik cadangan pangan pemerintah maupun masyarakat.

“Salah satu usaha meningkatkan cadangan pangan masyarakat dapat kita lihat dalam lumbung masyarakat, dengan adanya lumbung pangan mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi Gapoktan, kelompok tani wanita,” harap Isnidar.

Dalam dari pada itu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melaksanakan pengembangan lumbung pangan masyarakat melalui upaya pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan lumbung pangan.

Serta optimalisasi sumber daya yang tersedia dan penguatan kapasitas kelembagaannya dan diharapkan dapat dikembangkan secara mandiri, berkelanjutan serta berperan secara optimal dalam penyediaan pangan.

“Pembangunan lumbung pangan ini diharapkan bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu umumnya dan Gapoktan khususnya dan semoga program ini berlanjut terus demi kesinambungan dan kemandirian ketahanan pangan ke depannya”, harap Rezita.

Ditambahkan Rezita, untuk tahun 2021 ini Kabupaten Indragiri Hulu mendapat 10 lumbung di 10 kecamatan untuk 10 Gapoktan dengan sumber dana berasal dari dana alokasi khusus fisik tahun anggaran 2021.

Selanjutnya, atas nama Pemkab. Indragiri Hulu Bupati Rezita mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada beberapa perusahaan yang ada di Kab. Indragiri Hulu, diantaranya PT Tunggal Perkasa Plantations, PT Seko Indah, PT Sinar Widita Pratamata, PT Inecda dan PT Sawit Jaya Mandiri Lestari atas dukungan dan kontribusi melalui program CSR melakukan perbaikan akses jalan bagi para kelompok tani dan masyarakat.

Diakhir sambutannya, Rezita mengimbau kepada seluruh tamu yang hadir untuk tetap mematuhi Prokes Covid-19 serta melaksanakan vaksinasi agar target pemerintah untuk mencapai 70 persen vaksinasi di akhir tahun 2021ini dapat terwujud.

Selain agenda peresmian lumbung, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan SK Menteri Pertanian RI tentang Duta Pertanian Andalan Pembangunan kepada Ridwan Nurbaqin SM dan juga penyerahan Sertifikat Petani Berprestasi (SPB) peringkat ketiga tingkat Provinsi Riau kepada Acun Basuni.

Selain itu juga dilakukan penyerahan 2 unit Hand Tractor kepada kelompok tani serta penandatangan prasasti lumbung pangan Gapoktan Karya Makmur. Rangkaian acara di tutup dengan peninjauan kegiatan pertanian dan perternakan, penandatanganan prasasti dan baliho. (yuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.