Pembangunan Irigasi DK 5 Pasir Makmur Strategis Akan Rampung Tahun Ini

oleh -422 views

Rokan Hulu, (Media Geser) – Dalam pengerjaan pembangunan jaringan sekunder dan tersier DI, irigasi Osaka sepanjang lebih kurang 4 kilometer di DK 5 SKPA desa Pasir Makmur Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu yang dikerjakan PT loeh Raya Perkasa akan rampung tahun ini.

Dalam pengerjaan proyek irigasi sepanjang 3900 meter itu ada dua jalur, yakni, jalur pasir makmur 1 sepanjang 2900 meter dan jalur pasir makmur 2 sepanjang 1400 meter.

Proyek irigasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan sumber dana APBN TA 2021 dengan nilai kontrak sebesar 22 Miliar ini dengan tanggal kontrak kerja dimulai dari 25 Maret 2021.

Manager PT Loeh Raya perkasa, Reza pada saat dikonfirmasi Media Geser di lokasi tersebut mengatakan bahwa progres pengerjaan proyek irigasi itu sudah rampung 80 persen.“Dalam hitungan kami bulanan ini, sesuai dengan laporan setiap minggu, progres pengerjaannya sudah mencapai 80 persen,” ungkap Reza Manajer lapangan ini Jumat (15/10/2021).

Dijelaskannya lagi, bahwa dalam progres pengerjaan proyek irigasi tersebut akan dirampungkan 100 persen dalam akhir Desember tahun 2021 sesuai dengan kontrak.

“Dengan sisa waktu dan sisa progres lebih kurang 20 persen lagi dengan pekerjaan minor, kita optimis dalam akhir Desember 2021 sudah rampung,” ucap Reza yang diamini Joe Siahaaan, ST sebagai teknis lapangan.

Disamping itu, sambung Reza lagi adanya kendala selama dalam pengerjaan proyek irigasi tersebut dengan kendala masalah akses jalan setiap datangnya cuaca hujan, sehingga menumpang akses jalan melalui jalur lingkungan warga.

“Secara teknis tidak ada masalah, cuman kendala faktor akses jalan sospol masyarakat. Sedikit banyaknya kami memakai jalur lingkungan warga, sehinga pasti ada konflien warganya'” tandasnya.

Pihak kontraktor, PT loeh Raya Perkasa menyampaikan, pengerjaan proyek pembangunan jaringan skunder dantersier DI irigasi Osaka bertujuan untuk mengembalikan fungsi saluran dan mengoptimalkan distribusi air irigasi ke sawah-sawah serta meningkatkan efisiensi penggunaan air irigasi.

“Disisi lain kami juga berharap dukungan dari warga, dan tokoh-tokoh masyarakat. Agar pekerjaan ini berjalan dengan lancar dan kondusif sehingga dapat selesai sesuai dengan waktu,” pungkasnya Rozi sebagai pengawas lapangan.

Ditempat terpisah, Agus warga DK 5 mengatakan sangat merasa senang dengan pembangunan jaringan irigasi dengan mendengar berita bangunan tersebut selesai dalam akhir Desember 2021.

” Kami petani dan warga disini sangat berharap air bisa mengalir secepatnya. Karena kami sangat butuh, aliran air itu sampai Kesawah dan lainnya. Karena dalam tahun ini sudah kekeringan air.” Kata Agus sangat berharap.

(Efriadi Situmorang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.