Tingkatkan Inovasi di Daerah, Bappeda Rohul Gelar FGD Sosialisasi Kegiatan Innovative Award 2023

oleh -80 views

Rokan Hulu,(Media Geser) – Forum Group discussion (FGD) Sosialisasi Kegiatan Innovative Award tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023 dilaksanakan di Convention hall Islamic Center Rokan Hulu, Rabu (15/03/2023).

Innovative Award merupakan kegiatan untuk pemberian apresiasi bagi karya inovasi Perangkat Daerah untuk terus bereksperimen dan juga berinovasi mengembangkan kreativitas-kreativitas ataupun ide-idenya untuk kemudahan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dan juga untuk membangun budaya inovasi di Kabupaten Rokan Hulu.

Acara FGD menghadirkan narasumber yakni Kepala Bidang penelitian dan pengembangan Bappedalitbang Provinsi Eka Ariefyanto Putra, SE, Peneliti Ahli Madya Bappedalitbang Riau Dr. Ir. Gevisioner, M.Si.

Dan juga turut dihadiri dari Bappedalitbang Provinsi Riau Rama Yudha Satria, Sekretaris Bappeda Rohul Arie Kurnia Arnold, SSTP, M.SC, Perwakilan OPD, Camat dan Kepala Puskesmas Se Rokan Hulu

Bupati Rokan Hulu yang diwakili Asisten Administrasi Umum Edi Suherman, SH mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang hadir baik itu dari OPD, kecamatan ataupun puskesmas, dan dengan kegiatan peserta FGD dapat menjadi Inovator di tempat kerjanya masing-masing.

“bapak ibu yang hadir pada acara hari ini diharapkan dapat menjadi inovator di masing-masing lingkungan kerjanya baik dari OPD, Kecamatan maupun Puskesmas” Ujarnya.

Asisten 3 Edi Suherman menjelaskan Inovasi daerah merupakan pembaharuan dalam menjalankan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah,
Dan Innovative Award ini di lakukan untuk mengembangkan budaya kompetensi serta mengembangkan ide yang dimiliki agar agar fungsi penyelenggaraan dapat berjalan dengan baik.

“tujuan daripada kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan budaya kompetensi serta meningkatkan daya saing untuk selalu menemukan solusi-solusi dalam fungsi penyelenggaraan dengan berinovasi” Jelasnya.

Selain itu, tujuan lainnya mendorong tumbuhnya kesadaran perangkat daerah untuk berbudaya kreatif dan inovatif terutama dalam menerapkan teknologi tepat guna di masyarakat kemudian memajukan dan memotivasi perangkat daerah untuk selalu berinovasi dan berkreasi serta meningkatkan kesadaran partisipasi masyarakat terhadap proses inovasi yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Lebih lanjut Edi mengatakan kegiatan ini juga untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada inovator di Kabupaten Rokan hulu.

Di tahun 2022 Rokan Hulu baru mengembangkan 16 inovasi, dan Indeks inovasi daerah tahun 2022 Masih belum sesuai harapan, diangka 50.36 persen berada di urutan ke empat dari 10 kab/ kota di Riau dengan predikat Inovatif.

Untuk meningkatkan hal tersebut Bappeda akan mengadakan Innovative Award agar inovasi di Kabupaten Rokan hulu bisa meningkat.

Kemudian, Kabid Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Bappeda Rohul Nelson, ST mengatakan adapun Dasar pelaksanaan kegiatan Lomba Inovasi dan Pemberian
Penghargaan Inovative Award Rokan Hulu
Diantaranya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2020 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang 2017 Tentang Inovasi Daerah.

Oleh karena itu, Nelson yang juga Narasumber pada acara tersebut menyebutkan kegiatan ini dilakukan untuk membuka peluang bagi inovator yang ada di OPD, Kecamatan dan Puskesmas untuk mengikut lombakan karya atau inovasi yang sudah diciptakan.

“Kami berharap Bapak ibu semua bisa mengikuti dan berpartisipasi dalam Innovative Award ini” harapnya.

Nelson menerangkan untuk pendaftaran dan Penyampaian proposal Lomba dibuka mulai 1 April hingga 30 mei 2023, dan pemenang Innovative Award dari segala kategori, yakni antar OPD, Kecamatan dan Puskesmas masing masing akan mendapatkan 10 juta Rupiah untuk pemenang Pertama, 7.5 juta dan 5 juta untuk juara 2 dan 3.

“Pemenang dari masing kategori nanti akan mendapatkan uang motivasi sebesar 10 juta rupiah untuk juara 1” ujarnya.

(M.Haris/Diskominfo/Adv/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.