Dandim 0302/Inhu Buka Kontes Bonsai di RTH Rengat

oleh -269 views

INHU,(Media Geser) – Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo SSos secara resmi membuka kontes bonsai se-Sumatera. Kontes bonsai digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat, Jumat (30/9) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Dandim mengucapkan terima kasih kepada Ketua Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Inhu Dodi Nefeldy yang telah membuat even besar di RTH Rengat.

Dandim berharap melalui kegiatan ini dapat memperkenalkan Kabupaten Inhu kedaerah lain tentang bonsai serta mengenalkan ciri khas bonsai Kabupaten Inhu jenis Anting Putri.

“Kedepannya, even nasional bisa kita laksanakan di Kabupaten Inhu ini. Kepada para peserta pecinta bonsai, saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Inhu. Even se-Sumatera ini diharapkan mampu menggali potensi yang positif untuk peningkatan ekonomi dan juga dapat menjadi tali silahturahmi bagi para pecinta bonsai,” kata Dandim.

Orang nomor satu dijajaran Kodim 0302/Inhu ini mendukung kegiatan pameran bonsai. Dirinya ngin even ini bukan sekedar menyalurkan hobi tapi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Banyak yang harus kita pelajari dalam mengukir tumbuhan. Sebab, tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai. Karena jenis tanaman yang memiliki cikal bakal yang dapat dijadikan bonsai. Bonsai jenis Anting Putri merupakan andalan Inhu agar dapat dilestarikan,” pesan Dandim.

Usai menyampaikan pesan, Dandim memotong pita tanda dimulainya kontes (pameran) bonsai. Dijadwalkan even se-Sumatera itu akan berlangsung mulai Jumat – Minggu (2/9 – 2/10) besok.

Dalam dari pada itu, panitia pelaksana kontes bonsai Zairin mengatakan, sebanyak 334 bonsai dari berbagai jenis tanaman yang berasal dari (peserta) dalam dan luar kota se-Sumatera.

Dikatakannya, dari sisi tingkat pamerannya dan juga penilaian, ada bonsai bahan jadi.sebanyak 110 pohon dan bonsai prospek sebanyak 224 pohon.

“Semoga even ini nantinya akan menjadi even tingkat nasional yang nantinya PPBI Inhu menjadi tuan rumah. Jika kita melihat yang ikut bertanding disini, semua anemiknya adalah bonsai Anting Putri. Artinya, bonsai jenis Anting Putri meraih rekor yang memimpin pasar Indonesia. Semoga rekor itu dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat khususnya para pecinta bonsai. Kodim 0302/Inhu mendukung penuh even ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PPBI Inhu Dodi Nefeldy mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0302/Inhu yang secara resmi membuka kontes “Bonsai Pesona” di RTH Rengat.

Kata Dodi, kehadiran Dandim ditengah-tengah acara kontes dapat membantu sepenuhnya kegiatan pameran “Bonsai Pesona”. Even ini akan dijadikan kegiatan rutin tahunan untuk diselenggarakan di Kabupaten Inhu, Riau.

“Yang terpenting adalah pameran bonsai ini dapat menjadi ikon bonsai yang ditaja PPBI Inhu dan kelak menjadi even tingkat nasional,” ujar Dodi.

Dodi menambahkan, bahwa pihaknya mendatangkan juri dari PPBI Pusat, Bambang. Pria paruh baya yang akrab disapa Mbah Suro itu memuji dan memberikan applaus kegiatan pameran “Bonsai Pesona” di RTH Rengat. Sebab, even ini kali pertama digelar untuk tingkat se-Sumatera.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memacu para pecinta bonsai diseluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau ini. Sesuai yang disampaikan oleh Ketua PPBI Inhu tadi bahwa untuk meningkatkan ketingkat nasional secepatnya terwujud,” kata Mbah Suro menimpali. (yuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.