Kasus Limbah Cair Kembali Terulang Ilham Permana: “PT KAS Membuka Aib Lama”

oleh -269 views
Ilham Permana

INHU,(Media Geser) – Ketua Satuan Siswa Pelajar Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Kabupaten Inhu, Ilham Permana sangat menyayangkan terjadinya kejadian serupa di PKS PT Kharisma Agro Sejahtera (KAS) yang beroperasi di Desa Batu Papan, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Inhu, Riau terkait pembuangan limbah cair dialiran Sungai Langlam dan Sungai Cenaku, sebagai sumber mata air (kehidupan) warga.

Kepada media ini, Ilham menuturkan, bahwa pada tahun 2020 lalu pihaknya sempat menggelar demonstrasi di perusahaan tersebut dan menemui pihak managemennya.

“Saat pertemuan itu pihak perusahaan (managemen) bersedia untuk memperbaiki kesalahan yang mereka buat. Nah, sekarang ada lagi bukti video yang menampilkan kejadian yang sama pada tahun 2020 lalu. Bedanya dianak Ati-ati. Kalau sekarang ke Sungai Langlam. Apa sebenarnya keinginan dari managemen PT KAS ini. Bingung kita dibuatnya,” terang Ilham, Selasa (13/9).

Ilham menambahkan, dulu sampel dari Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Riau pun tidak di publikasikan.
“Cuma datang bawa rombongan saja pihak DLHK Riau. Nah, sekarang mau seperti itu lagi,” tandasnya.

Ilham menegaskan, dengan lemahnya pengawasan dari pemerintah daerah terutama menjadi peluang empuk untuk mereka agar tidak dibebankan mengolah limbah mereka sendiri.

“Kita tidak menolak investasi di Kabupaten Inhu ini. Hal itu dibuktikan dengan respon positif dari masyarakat sekitar tentang keberadaan PKS PT KAS tersebut. Selain itu juga masyarakat khususnya para petani kelapa sawit mensuportnya dengan menyuplai buah kelapa sawit kesana. Baru ini ada perusahaan yang tanpa kebun inti bisa berdiri. Sekarang malah masyarakat sekitar yang di buat susah karena sumber mata air mereka tidak dapat digunakan seperti dulu lagi,” pungkasnya. (yuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.