Tekad Ratusan Anggota KTH ,”Sepakat Desa Sei Kuning Laksanakan Tanam Perdana 2000 Pohon ,”lestarikan Kawasan Hutan Lindung Batas HGU PTPN V

oleh -150 views
oleh

Rokan Hulu(Media Geser) – Ratusan warga desa yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan ( KTH ) “Kami Sepakat” desa Sei Kuning kecamatan Tandun, kabupaten Rokan Hulu (Rohul) propinsi Riau, bersama personil UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan ( KPH ) Suligi Batu Gajah laksanakan Tanam 2000 pohon di Area Hutan Lindung ( HL ).

Bukit Suligi yang berbatas langsung dengan Areal Hak Guna Usaha (HGU) PTPN V kebun Sei Tapung kecamatan Tandun, Minggu pagi 17/4/2022.

Hadir pada kesempatan itu utusan UPT KPH Suligi  Batu Gajah, Mulyanto, Kades Sei Kuning Ilham SH MH.CPL, Ketua KTH ‘”Kami Sepakat Jhoni, Sekretaris Hadi dan Bendahara, Tokoh Masyarakat dan Pemuda beserta 140 orang angota KTH  yang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu warga desa Sei Kuning.

Mulyanto mewakili KPH Suligi Batu Gajah dalam sambutannya menuturkan, Hari ini bumi sudah tahap mengkawatirkan, Lapisan Ozon sudah menipis, Polusi Udara tak terkendali akibat hilangnya areal hutan,

maka wajib bagi kita menata kembali area Hutan Lindung ini dengan menanam pohon tidak dibenarkan tanam sawit diareal hutan lindung apa bila ada masyarakat tanam sawit dihutan lindung segera di ganti pohon tanaman keras sebanyak mungkin, ajaknya.

Selanjutnya “Kami berharap tidak terjadi Konflik antara warga masyarakat desa Sei Kuning dengan pihak PTPN V, Silakan cari solusi yang terbaik, sehingga suasana tetap kondusif dan terkendali”, harapnya.

Ditempat yang sama, Kades Sei Kuning mengajak warganya  bersama-sama bekerja keras menghutankan kembali area tersebut demi kepentingan kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Lanjut Kades, tahun 2020 lalu pihaknya sudah menyurati Kantor Direksi PTPN V  meminta pengelolaan Kawasan Hutan Lindung tersebut diserahkan kepada KTH “Kami Sepakat”, namun hingga hari ini pihaknya belum menerima jawaban yang jelas, ujarnya.

Sementara, Ketua KTH “Kami Sepakat” melalui Sekretaris Hadi menyampaikan, pihaknya baru-baru ini sudah melayangkan surat Konfirmasi kepada KPH Suligi Batu Gajah, guna menentukan batas-batas areal KTH, sehingga tidak terjadi saling klaim pada batas areal HGU PTPN V dan KTH “Kami Sepakat”, pungkasnya.

Terpantau ratusan anggota KTH melakukan penanaman berbagai jenis bibit pohon yang dipandu Personil UPT KPH Suligi Batu Gajah dan membabat area gawangan Kelapa Sawit yang sudah semak, kegiatan menanam dimulai pukul 09.30 dan berakhir pukul 12.00 Wib.

( Team/ Elisman p)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.